Virus dan Worm, Malware Penginfeksi



Ini adalah jenis malware yang paling populer, yakni virus dan worm. Keduanya dikenal dari cara penyebarannya ketimbang perilaku khususnya. Istilah virus komputer digunakan untuk menamai program yang telah menginfeksi file executable. Bila file yang terinfeksi ini dieksekusi (dijalankan), maka ia akan menyebarkan virus yang telah menginfeksinya kepada file executable lainnya.

worm Virus dan Worm, Malware PenginfeksiVirus juga bisa mengandung muatan yang menjalankan tindakan lain yang merusak, seperti menyembunyikan atau bahkan menghapus file-file tertentu. Berbeda dengan virus yang menyerang file executable, worm adalah program yang secara aktif mengirimkan dirinya sendiri dalam sebuah jaringan, termasuk jaringan internet untuk menginfeksi komputer lain.

Sama seperti virus, worm juga bisa mengandung muatan tertentu yang biasanya bersifat merusak. Dari defenisi di atas, kita dapat mengetahui bahwa untuk menyebarkan dirinya, virus membutuhkan intervensi pengguna sedangkan worm dapat melakukannya sendiri. Melihat sifat penyebarannya, file terinfeksi yang dikirimkan melalui e-mail atau yang menjangkiti dokumen Microsoft Word misalnya, dikategorikan virus dan bukan worm. 


Artikel yang berhubungan :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belom ada judul Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha