Trojan Horse, diam-diam menghanyutkan



Trojan Horse atau lebih dikenal dengan “Trojan” dalam sistem komputer adalah bagian dari infeksi digital yang kehadirannya tidak diharapkan oleh pemilik komputer. Trojan berbentuk program kecil yang terdiri dari fungsi-fungsi yang tidak diketahui tujuannya, tetapi secara garis besar mempunyai sifat merusak. Trojan masuk ke suatu komputer melalui jaringan dengan cara disisipkan pada saat berinternet seperti chatting, browsing atau men-down load program tertentu.
Trojan tidak membawa pengaruh secara langsung seperti halnya virus komputer, tetapi potensi bahayanya dapat jauh lebih besar dari virus komputer. Trojan dapat diaktifkan dan dikendalikan secara jarak jauh atau menggunakan timer. Pengendalian jarak jauh seperti halnya Remote Administration Tools, yaitu versi server akan dikendalikan oleh penyerang lewat versi client-nya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh penyerang terhadap komputer yang telah dikendalikan, yaitu dari hal yang ringan sampai dengan hal yang berbahaya yaitu memberlakukan hardisk seperti miliknya sendiri termasuk memformatnya.
Trojan bekerja dengan cara membuka pintu belakang berupa port pada nomor tertentu. Jika terdapat port dengan nomor tidak umum dan terbuka, maka hal ini mengindikasikan adanya kegiatan aktif trojan.

Artikel yang berhubungan :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belom ada judul Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha